Health 100% di HDD Sentinel Tidak Menjamin Hardisk Bebas Dari Bad Sector
Pengalaman pribadi saat membeli hardisk internal PC di salah satu toko komputer yang ternama di Kota Medan pada beberapa bulan lalu tepatnya di tanggal 20 Oktober 2022. Saat awal pembelian, hardisk kita cek menggunakan aplikasi HDD Sentinel dengan status health 100% dan performance juga 100%. Tetapi saat install OS ke hardisk tersebut, selalu gagal pada saat proses pembagian partisi dan selalu muncul pesan error "Sector Bad". Dengan rasa penasaran, selanjutkan kita lakukan pengecekan "Disk Surface Test" menggunakan aplikasi AOEMI Partition Wizard ternyata benar, bahwa hardisk telah bad sector. Dan kita cek kembali menggunakan HDD Sentinel, status health dan performance tetap 100%.
Setelah melakukan konfirmasi ke pihak toko dengan menjelaskan kronologi kejadian dengan bukti-bukti yang autentik, pihak toko menyetujui untuk dilakukan proses claim garansi pada hardisk tersebut. Setelah mendapatkan hardisk baru yang diganti oleh pihak toko tersebut, sampai dirumah kita lakukan pengecekan kembali menggunakan HDD Sentinel. Ketika dilakukan pengecekan status health dan performance 100%, setelah itu kita lanjut pengecekan menggunan tools "Disk Surface Test" yang ada di AOEMI Partition Wizard dengan memilih proses "Quick", tidak ditemukan bad sector. Setelah itu hardisk langsung kita coba create partition dan masukkan data ke hardisk tersebut, ternyata berjalan dengan lancar. Dan setelah itu hardisk tidak kita gunakan lagi, hanya kita simpan sebagai stok dengan tujuan apabila ada user yang akan ganti hardisk, maka kita gunakan hardisk tersebut.
Setelah kelang waktu kurang lebih 1,5 bulan, ada orderan untuk rakit PC untuk editing video. Dengan niat hati karena hardisk yang kita claim tadi masih bagus, jadi gak perlu beli hardisk PC yang baru lagi. Dan semua proses prakitan PC juga berjalan dengan lancar hingga serah terima ke user yang memesan komputer rakitan tersebut.
Setelah pemakaian kurang lebih 2 (dua) minggu, hardisk yang kita claim tadi tiba-tiba partisinya hilang dan komputer langsung bluescreen (BSOD) dengan langsung melakukan check disk pada hardisk yang bermasalah tersebut. Setelah kita lakukan pengecekan ke hardisk yang bermasalah tersebut, ternyata benar hardisk mengalami bad sector kembali. Dan ketika hardisk kita pasang ke komputer untuk melakukan pengecekan, kinerja komputer tersebut langsung menjadi lamban. Dan tidak bisa membuka disk management, hdd sentinel atau aoemi partition wizard. Pada saat itu juga, kita langsung konfirmasi ke pihak toko kembali untuk melakukan claim garansi pada hardisk tersebut. Dan pihak toko juga menyetujui proses claim garansi pada hardisk tersebut.
Tetapi sialnya setelah mendapatkan hardisk pengganti dari proses claim tersebut, hardisk tersebut tidak bisa di create partition dan selalu "Not Responding" saat dilakukan proses formating. Langsung komplain ke pihak tokonya kembali, karena kesannya seperti sembarangan memberikan produk yang tidak bagus ke customer. Sudah rugi diwaktu, tenaga dan uang transport, tetapi hasilnya sangat mengecewakan. Padahal selama ini kita membeli sparepart laptop atau komputer ke toko tersebut tidak pernah mengalami masalah. Kalau pun ada, masih bisa kita toleransi karena gak fatal kondisinya. Memang baru pertama kali kita coba membeli hardisk internal PC di toko tersebut, dan biasanya kita hanya membeli hardisk internal laptop saja tanpa ada kendala sama sekali.
Setelah melakukan komplain, pihak toko menyetujui untuk dilakukan proses claim garansi kembali pada hardisk tersebut. Karena kesannya kualitas hardisk internal PC yang dijual pada toko tersebut tidak ada yang bagus, akhirnya kita meminta untuk tukar tambah ke hardisk internal laptop saja untuk pengganti hardisk yang bermasalah tersebut. Dari pada bolak-balik claim garansi, tapi hasilnya sangat mengecewakan. Dan pihak toko juga menyetujui untuk melakukan penukaran ke hardisk internal laptop dengan catatan kita harus membayar biaya tambahan untuk proses penukaran ke hardisk laptop.
Setelah mendapatkan hardisk internal laptop dari pengganti hardisk PC yang bermasalah tersebut, ketika sampai di rumah, langsung kita lakukan pengecekan bad sector pada hardisk tersebut dan Alhamdulillah hasilnya memuaskan dan tidak ada terdapat bad sector pada hardisk tersebut.
0 Komentar
Terima kasih telah mengirim komentar kepada kami. Silahkan Telp/Whatsapp Ke : 0852-1113-1150 untuk menggunakan Jasa Service Komputer Panggilan Kami.